Jumat, 25 April 2014

JALUR HIJAU


bisa dibilang saat ini kertas sudah mejadi salah satu kebutuhan utama setelah platik bagi masyarakat urban, apalagi kita terbiasa menggunakan kertas dengan cara yang boros dan tanpa kita sadari bahwa pada saat yang bersamaan HUTAN ALAM kita habis ditebang di antaranya untuk memenuhi kebutuhan kertas.

HEMAT KERTAS = SELAMATKAN HUTAN

berapa sih sebenarnya nilai kertas dalam sebuah perusahaan ???
untuk menghitung biaya terkait dengan pengguna suatu produk termasuk pengguna kertas,perhitungan selalu didasarkan pada 2 aspek biaya :
  1. biaya prodiksi (productional cost) yaitu biaya barik untuk memproduksi satu unit kertas ,yakni sekitar $450/ton atau sekitar 11.000/rim
  2. biaya lembaga/perusahaan. harga beli kertas oleh perusahaan ditambah komponen biaya lain untuk penggolahan satu unit kertas,seperti penyimpanan,percetakan,penggandaan,daur ulang,penulisan,pembuangan dan pengiriman.
studi muthair yang diprediksi oleh alisnsi pelindung lingkungan . Diperoleh kesimpulan bahwa total komponen biaya ini 31 kalilipat dari harga beli kartas.

sebuah renungan apakah kita sudah menggunakan kertas sesuai dengan kegunaanya dan memperhatikan bahwa hutan kita menanggis.

2 komentar:

silahkan sampaikan komentar anda pada kolom yang tersedia.terimakasih